Wednesday, March 5, 2014

Ternyata ada "sesuatu" di Tangguh

Berita tentang kasus di Tangguh sungguh menarik perhatian saya. Sehingga kemudian saya iseng-iseng melakukan googling dengan kata kunci "kasus LNG Tangguh".  Hasil pencarian cukup mengejutkan, ternyata kasus Tangguh bukan baru sekarang ini terjadi.

Ternyata pada tahun 2008 lalu ramai diberitakan kasus lain yang tak kalah potensinya dalam merugikan negeri ini, yaitu kasus penjualan LNG ke China dengan harga yang sangat rendah, Ini bukan kasus baru (kontrak ditanda-tangani pada tahun 2002) tapi tetap relevan untuk dibahas, terlebih bila terjadinya kasus tersebut masih belum juga membuat kita belajar dan berbenah diri.

Terus terang saya belum sempat mencermati sumber lain dalam kasus ini, sehingga untuk sementara blog milik Sylvie Tanaga tersebut saya gunakan sebagai satu-satunya acuan.  Jika kita cermati info di blog tersebut, ada beberapa kejanggalan yang sungguh aneh bisa terjadi (artinya kesalahan tersebut besar kemungkinan memang disengaja untuk kepentingan tertentu).

Uraian Sylvie Tanaga saya kira sudah cukup lengkap.  Bagi Anda yg gemar berteori konspirasi pertanyaan lanjutannya adalah siapakah atau pihak manakah yang melakukan "kejahatan" membuat kontrak yang merugikan tersebut dan keuntungan apakah yang diambilnya.  Belum ada data apapun soal ini, dan tidak mudah mencarinya. Kecuali KPK turun tangan ditugaskan menuntaskan kasus ini..


No comments:

Post a Comment